Selasa, 21 Oktober 2014

Cara Mudah Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SD Card


Cara Mudah Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SD Card - Ada berbagai macam alasan mengapa para pengguna Android ingin aplikasi Android nya dipindahkan dari internal ke penyimpanan eksternal. Beberapa alasan diantaranya karena kapasitas penyimpanan Smartphone android internal jauh diluar akan kebutuhan kita.

Kita ketahui bahwa besarnya tempat penyimpanan internal pada Smartphone android ukurannya beragam. Untuk smartphone kelas low end biasanya tidak lebih dari 512 MB, sedangkan untuk smartphone kelas middle end biasanya sekitar 4 GB, dan untuk smartphone kelas premium sebesar 8 GB atau bahkan bisa lebih di atasnya. Meski tempat penyimpanan internal terdengar cukup besar, namun seiring banyaknya game serta aplikasi yang berkualitas tinggi, memori sebesar itu tidak akan muat untuk dijejali banyak aplikasi. Terlebih lagi, sekarang ini biasanya smartphone android sedikit menipu para konsumen karena dari sekitar 4 GB penyimpanan yang tersedia, hanya setengahnya saja yang dapat digunakan oleh pengguna, karena harus berbagi dengan file system.
Cara Mudah Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SD Card

Cara Mudah Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SD Card

Bagi kalian yang memiliki smartphone keluaran terbaru sekarang ini, mungkin sebenarnya hal itu sudah bukan lagi menjadi masalah. Nah untuk mengatasi masalah keterbatasan pada memori internal tersebut kita bisa mengakalinya dengan cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card atau memori eksternal. Dengan cara begitu, kita dapat menyimpan lebih banyak aplikasi dan memiliki penyimpanan yang lebih. Ada beberapa cara mudah untuk memindahkan aplikasi android ke SD card saat ini, baik dengan cara memindahkan aplikasi tersebut secara manual, maupun melalui aplikasi pihak ketiga dengan syarat smartphone kita harus sudah di root.

Jika saat ini kalian sedang bingung bagaimana cara memindahkan aplikasi android ke memori eksternal, berikut ini Aplikasi Android Blog akan memberikan langkah demi langkah untuk Cara Mudah Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SD Card.

Cara Pertama Dengan Cara Manual

  • Masuk ke menu “Setting
  • Lalu pilih “Aplikasi
  • Selanjutnya tinggal mencari aplikasi yang ingin kita pindahkan ke memori eksetrnaal, dan tekan tombol “Move to SD card”.
Move to SD card

Cara Kedua Dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Apabila cara diatas tidak bisa, Cara yang paling mudah untuk memindah aplikasi Android ke eksternal SDCard, kita bisa pakai aplikasi gratis yang dapat di download langsung pada Playstore namanya Link2SD. Pada aplikasi Link2SD ini memiliki fungsi utama yaitu dapat memindahkan banyak data dan aplikasi dari internal memori ke external memory dengan cepat. Aplikasi Link2SD membutuhkan sebuah partisi khusus yang terdapat pada SDcard untuk dijadikan tempat penyimpanan dari data aplikasi yang seharusnya disimpan di internal memory.

Sebelum melanjutkan langkah ke cara memindahkan aplikasi ke SD Card ada persyaratan yang harus dipenuhi supaya cara ini bisa diterapkan pada smartphone android kita yaitu:
  1. Perangkat smartphone android kita harus sudah berstatus root, jika belum diroot, sobat bisa mencari langkah-langkah roting android menurut type smartphone android sobat di google
  2. Memori Ekternal (SDCard) harus sudah terpartisi, sama halnya seperti partisi hardisk pada komputer, SDCard kita harus dipartisi menjadi 2 bagian, kita bisa mempartisinya dengan menggunakan aplikasi Partition Wizard, kalian bisa melakukan proses partisi ini di PC/ Laptop. Atau bisa langsung melakukan partisinya melalui smartphone kalian, untuk cara partisi pada SDCard, Bisa Anda baca posting tentang Cara Mudah Partisi Micro SD Card Android Dengan Link2SD Tanpa PC.
Jika persyaratan diatas sudah kalian lakukan, selanjutnya perhatikan langkah-langkah Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD dibawah ini:
  • Silahkan download dan install aplikasi Link2SD melalui Google Playstore.
  • Jalankan aplikasi Link2SD. Jika muncul permintaan akses root atau SuperUser, silahkan pilih Allow. Saat pertama kali menggunakannya, akan muncul pilihan file system pada partisi kedua dari microSD yang anda gunakan (ext2, ext3, ext4, FAT16/32), sesuaikan dengan jenis partisi yang sudah anda lakukan sebelumnya di PC misal FAT32/16, Lalu anda akan diminta merestart perangkat anda. Silahkan restart dan jalankan kembali Link2SD.
  • Setelah itu langsung saja kita pilih aplikasi mana saja yang ingin di pindahkan ke SD card. tekan softkey atau tombol pilihan, lalu pilih multi select. Anda dapat langsung memilih semua aplikasi dengan menyentuh select all, atau anda juga bisa memilih beberapa aplikasi saja dengan mencentangnya yang ada di sebelah kiri icon dari masing- masing aplikasi. Perlu diketahui bahwa aplikasi sistem tidak akan bisa dipindahkan.
Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD
  • Jika sudah selesai memilih aplikasi yang ingin dipindahkan, sentuh softkey lalu pilih create link.
Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD
  • Pastikan anda mencentang ketiga menu yang muncul seperti gambar dibawah ini, lalu pilih OK.
Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD
  • Tunggu hingga proses selesai dan lihatlah perbedaannya. Memory internal akan lebih bebas karena data aplikasi yang anda pilih tadi telah dipindahkan total ke SD card partisi kedua. Silahkan cek penggunaan memory dengan menyentuh softkey dan pilih storage info.
Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD

Selesai. Cara Mudah Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SD Card. Semoga tutorial diatas dapat berguna untuk sobat semuanya :) mohon maaf bila ada kekurangan, semoga berhasil.


31 Komentar:

  1. aplikasi link2sdnya harus tetep ada atau boleh diapus? saat mendowload aplikasi baru dia akan otomatis save ke external atau tetep internal?
    makasih :D

    BalasHapus
  2. Untunglah saya belum pindahin aplikasinya karena dari awal sampai sekarang android nya belum pernah saya root. Sebenarnya kenapa harus di root dulu ya androidnya? Makasi

    BalasHapus
  3. ko ada mount error pas buka link2sd??

    BalasHapus
  4. Terima kasih ya mas. Informasinya. Saya lagi bingung nih cara root takut oror ntar hp saya. Mohon solusinya. Sukron

    BalasHapus
  5. apakah dengan cara ini bisa buat hape ga lemot lagi ya min?

    BalasHapus
  6. kok saya mau download malah eror ya?

    BalasHapus
  7. orang tollol postingan gitu sih bocah juga tau dasar bloon

    BalasHapus
  8. makasih yaaaaa, sgt brmanfaat ;)

    BalasHapus
  9. thanks mas gan... ane udah berhasil.............................

    BalasHapus
  10. ijin coba mas gan , terimakasih banyak

    BalasHapus
  11. kelapa ya hp xperia m singgle C1905 saya ga mau menyala seperti merestart terus ? padahal awalnya semua berjalan normal tapi pas saya lakukan langkah memilih file system pada partisi dan hp minta restart dan ga mau nyala seperti bootloop -__- mohon pencerahannya :3 thanks

    BalasHapus
  12. ttp aja ga bsa spnuhnya d pindah k sd card aplikasi'y bos,
    msih ttp ada d memory intrnal'y, hmmm

    BalasHapus
  13. aplikasi sstem'y ga bsa d pindah,

    BalasHapus
  14. ijin coba mas, sungguh tutorial yang sangat bermanfaat. makasih

    BalasHapus
  15. kalau gk work mungkin bisa pakai cara ini
    http://sakatayoga.blogspot.co.id/2015/12/cara-memindahkan-data-aplikasi-dari.html

    BalasHapus
  16. ijin copas ya sob,,,bila tidak berkenan lansung kontak my...trimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
  17. coeg sekale gw kaga bisa gan
    '

    BalasHapus
  18. Makasih atas masukannya sy akan coba muda2han berhasil

    BalasHapus
  19. bagus banget nih ikel, saya akan mencobanya

    BalasHapus
  20. Mantap ijin nyomot, eh nyoba

    BalasHapus
  21. Gan,...tolongin saya dong
    Saya sudah menjalankan semua langkah" dalam memformat SD card 64GB (Pakai PC)itu dengan rincian sbb :
    Fat32 : 40.49 GB
    Ext2 : 18.00 GB
    Linux Swap : 1011 MB
    Semua sudah tak jadiin Primary

    Nah begitu saya masukin ke Tab saya, trus buka app Link2sd, keluar tulisan :
    "Select the file system of your SD card's second pasrtition
    /dev/block/mmcblk1p2"

    Lalu saya pilih Ext2 trus OK

    Namun yg keluar seperti ini :
    "Mount Script error
    Mount Script cannot be created.
    not allowed to su

    Gitu Gan,....bisa tolong berikan pencerahan ya,..Trims sebelumnya

    BalasHapus
  22. wahhh baru di coba langsung eror baziing . . .
    dah di pindahin aplikasinya langsung gak jln haha nasib dahh hp gw

    BalasHapus
  23. kebetulan lagi nyari, ketemu juga artikel ini, sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
  24. Kalau pindah secara manual terus apl yg sudah saya pindahkan itu saya perbarui. Nanti berkas akan otomatis ke perangkat atau tetep di kartu sd?

    BalasHapus
  25. Sebetulnya ada cara yang lebih praktis memindahkan aplikasi internal ke sdcard yaitu dengan script INT2EXT(bukan INT2EXT+)
    Syarat :
    1 root
    2 ada partisi kedua sdcard (ext3 misalnya)
    3 suport init.d (aktifkan pakai universal init.d)

    Hapus terlebih dahulu link2sd app2sd dan script a2sd lainnya kalau nggak nanti bisa bootloop
    Ini cara memasang scriptnya :
    1 download script INT2EXT.zip (bukan INT2EXT+.zip)
    2 kemudian extract file INT2EXT.zip
    3 buka root explorer copas file int2ext ke /system/etc/init.d lalu set permisi rwxrwxrwx atau 777
    4 setelah itu reboot ,jangan kaget nanti kalau parti data nanti pindah ke partisi kedua sdcard

    Cara diatas adalah untuk memindahkan partisi /data telephon ke partisi kedua sdcard,nanti jika berhasil kamu bisa menginstal aplikasi dan game android sebanyak yang kamu asal ada partisi kedua sdcard

    INGAT RESIKO TANGGUNG SENDIRI
    SEMOGA BERHASIL

    BalasHapus